A. Tujuan Umum :
Warga
belajar dapat mengembangkan potensi-potensi dalam dirinya, baik secara
eksternal maupun internal, serta rasa percaya diri dalam berintegrasi
dengan lingkungannya.
B. Tujuan Khusus :
Warga belajar dapat memahami isi dan tujuan dari perkuliahan pengembangan diri.
C. Pokok Bahasan : Pendahuluan / Pengantar
D. Sub Pokok Bahasan :
1. Isi dan Tujuan Pengembangan Diri ( Personality Development )
2. Pentingnya Pengembangan Diri
3. Kasus PHK
4. Syarat untuk Sukses
5. Kuda Tunggangan
E. Sumber Pembelajaran :
1. Pengembangan Kepribadian, Euis Winarti, Penerbit Graha Ilmu.
2. Meniti Sukses Menata Masa Depan, M. Syahrial Yusuf,dkk. Penerbit Graha Ilmu.
3. Pengembangan Diri, Lembaga Pengembangan Kepribadian John Robert Powers.
4. Professional Image, A. B. Susanto.
5. Mengatur Waktu Secara Efektif, Lothar J. Seiwert, PT Elex Media Komputindo.
F. Metode Pembelajaran :
1. Presentasi
2. Diskusi
G. Materi Pembelajaran :
Isi dan Tujuan Pengembangan Diri ( Personality Development ) :
1. untuk mempelajari bagaimana seharusnya Anda menerima diri Anda;
2. untuk mengembangkan perasaan harga diri, percaya diri;
3. untuk meningkatkan pengertian diri, nilai-nilai diri;
4. untuk memperoleh pengertian yang lebih baik mengenai “kepribadian” seseorang;
5. untuk mempelajari perubahan-perubahan dalam gaya hidup ( life style ).
Pentingnya Pengembangan Diri :
Bahwa sukses seseorang ditentukan :
20 % oleh ilmu pengetahuan dan keterampilan teknis;
80 % oleh hal-hal lain ( termasuk kecerdasan emosional ).
Bahwa kasus pemutusan hubungan kerja ( PHK ) disebabkan :
15 % oleh kesalahan dan kurang terampil ( tidak bisa bekerja );
80 % oleh factor rasa suka atau tidak suka.
Bahwa pondasi utama untuk sukses :
1. jujur pada orang lain dan diri sendiri;
2. disiplin;
3. bergaul baik dengan semua orang;
4. dukungan orang tua / keluarga ( termasuk pasangan hidup );
5. ulet dan bekerja keras.
Bahwa seseorang yang ingin sukses, harus memiliki “Kuda Tunggangan”
Long – Shot :
1. The Hard Work Horse = 100 : 1
2. The IQ Horse = 75 : 1
3. The Education Horse = 60 : 1
4. The Company Horse = 50 : 1
Medium – Shot :
1. The Creativity Horse = 25 : 1
2. The Hobby Horse = 20 : 1
3. The Geography Horse = 15 : 1
4. The Publisity Horse = 10 : 1
Short – Shot :
1. The Product Horse = 5 : 1
2. The Idea Horse = 4 : 1
3. The Other Person Horse= 3 : 1
4. The Partner Horse = 5 : 1
5. The Spouse Horse = 2 : 1
6. The Family Horse = 3 : 1
H. Evaluasi Pembelajaran :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar